Ada ratusan kartu kredit yang tersebar di puluhan penerbit kartu kredit. Langkah pertama untuk memilih kartu kredit pertama Anda adalah dengan mengetahui jenis kartu kredit yang Anda inginkan berdasarkan kebutuhan Anda. Jenis kartu kredit di luar sana berkisar dari kartu dasar tanpa embel-embel (dikenal sebagai “plain-vanilla”) hingga kartu premium Anda dengan banyak fasilitas dan keuntungan.

1. Kartu Kredit Standar “Plain-Vanilla”

Kartu kredit standar disebut sebagai kartu kredit “plain-vanilla” karena tidak menawarkan embel-embel atau imbalan. Mereka juga relatif mudah dimengerti. Anda dapat memilih jenis kartu kredit ini jika Anda menginginkan kartu yang tidak rumit dan Anda tidak tertarik untuk mendapatkan hadiah.

Kartu kredit standar memungkinkan Anda memiliki saldo bergulir hingga batas kredit tertentu. Kredit digunakan saat Anda melakukan pembelian dan kemudian lebih banyak kredit tersedia setelah Anda melakukan pembayaran. Biaya keuangan diterapkan pada saldo terutang pada akhir setiap bulan. Kartu kredit memiliki pembayaran minimum yang harus dibayar pada tanggal jatuh tempo tertentu untuk menghindari denda keterlambatan pembayaran.

2. Kartu Kredit Transfer Saldo

Sementara banyak kartu kredit datang dengan kemampuan untuk mentransfer saldo, kartu kredit transfer saldo adalah salah satu yang menawarkan tingkat pengantar yang rendah pada transfer saldo untuk jangka waktu tertentu. Jika Anda ingin menghemat uang dengan saldo suku bunga tinggi pada kartu yang ada, transfer saldo adalah cara yang baik.

Tingkat bunga transfer saldo bervariasi beberapa di antaranya serendah 0 persen, tetapi ini biasanya memiliki kualifikasi seperti biaya untuk setiap transfer. 1 2 Semakin rendah tarif promosi (dan semakin lama periode promosi) semakin menarik kartu tersebut. Namun, Anda akan sering membutuhkan kredit yang baik untuk memenuhi syarat.

3. Hadiah Kartu Kredit

Seperti namanya, kartu hadiah adalah kartu yang menawarkan hadiah untuk pembelian kartu kredit.

Ada tiga jenis dasar kartu hadiah: cashback, poin, dan perjalanan. Beberapa orang lebih menyukai fleksibilitas hadiah cashback, sementara yang lain menyukai poin yang dapat ditukarkan dengan uang tunai atau merchandise lainnya. Kartu hadiah perjalanan tetap menjadi favorit di antara pelancong yang sering bepergian karena kemampuan untuk mendapatkan penerbangan gratis, menginap di hotel, dan fasilitas perjalanan lainnya.

4. Kartu Kredit Mahasiswa

Kartu kredit pelajar adalah yang dirancang khusus untuk mahasiswa dengan pemahaman bahwa orang dewasa muda ini sering kali memiliki sedikit atau tanpa riwayat kredit. Pemohon kartu kredit pertama kali umumnya akan lebih mudah mendapatkan persetujuan untuk kartu kredit pelajar daripada jenis kartu kredit lainnya.

Kartu kredit pelajar mungkin datang dengan fasilitas tambahan seperti hadiah atau suku bunga rendah untuk transfer saldo, tetapi ini bukan fitur terpenting bagi siswa yang mencari kartu kredit pertama mereka. Siswa umumnya harus terdaftar di universitas empat tahun terakreditasi untuk disetujui untuk mendapatkan kartu kredit siswa.

5. Kartu Biaya

Kartu tagihan tidak memiliki batas pengeluaran yang telah ditentukan sebelumnya dan saldo harus dibayar penuh pada akhir setiap bulan. 4 Kartu tagihan biasanya tidak memiliki biaya keuangan atau pembayaran minimum karena saldo harus dibayar penuh. Keterlambatan pembayaran akan dikenakan biaya, pembatasan biaya, atau pembatalan kartu tergantung pada perjanjian kartu Anda.

Anda biasanya harus memiliki riwayat kredit yang baik agar memenuhi syarat untuk mendapatkan kartu kredit.

6. Kartu Kredit Aman

Kartu kredit aman adalah pilihan bagi orang-orang yang tidak memiliki riwayat kredit atau yang telah merusak status kredit mereka. Kartu yang dijamin memerlukan uang jaminan untuk ditempatkan pada kartu.

Batas kredit pada kartu kredit yang dijamin biasanya sama dengan jumlah deposit yang dilakukan pada kartu,

tetapi bisa lebih dalam beberapa kasus seperti default utama seperti default pada pembayaran hipotek. Perlu dicatat bahwa Anda masih diharapkan untuk melakukan pembayaran bulanan pada saldo kartu kredit aman Anda.

7. Kartu Kredit Subprime

Kartu kredit subprime adalah salah satu produk kartu kredit terburuk. Kartu kredit ini ditujukan untuk pelamar yang memiliki riwayat kredit yang buruk dan kartu ini biasanya memiliki tingkat bunga dan biaya yang tinggi. Meskipun persetujuan seringkali cepat, bahkan bagi mereka yang memiliki kredit buruk, persyaratannya sering membingungkan. Pemerintah Federal telah membuat aturan mengenai jumlah biaya yang dapat dibebankan oleh penerbit kartu kredit subprime, tetapi penerbit kartu sering mencari celah dan cara untuk menghindari aturan ini.

Meskipun kartu kredit subprime kurang menarik, beberapa konsumen tetap mengajukan permohonan untuk kartu tersebut karena tidak dapat memperoleh kredit di tempat lain. Ini adalah situasi di mana Anda harus melanjutkan dengan risiko Anda sendiri.

8. Kartu Prabayar

Kartu prabayar mengharuskan pemegang kartu untuk memasukkan uang ke dalam kartu sebelum kartu dapat digunakan. Pembelian ditarik dari saldo kartu. Batas pengeluaran tidak diperpanjang sampai lebih banyak uang dimasukkan ke dalam kartu.

Kartu prabayar tidak memiliki biaya keuangan atau pembayaran minimum karena saldo ditarik dari setoran yang Anda buat. Kartu-kartu ini sebenarnya bukan kartu kredit, dan tidak secara langsung membantu Anda membangun kembali nilai kredit Anda. Kartu prabayar mirip dengan kartu debit, tetapi tidak terikat dengan rekening giro. Banyak orang menggunakannya sebagai cara untuk tetap sesuai anggaran.