Pada kuartal kedua tahun 2021, saldo kartu kredit di AS naik sebesar $17 miliar. Jumlah total utang yang dimiliki konsumen Amerika pada akhir Juni mencapai $14,96 triliun, mencapai titik tertinggi sepanjang masa.

Meskipun memiliki lebih banyak hutang kartu kredit daripada yang dapat Anda tangani dapat membuat Anda kewalahan, membuat stres, dan, sejujurnya, agak mengerikan, memiliki kartu kredit secara bertanggung jawab adalah bagian penting dari kesehatan finansial. Kartu kredit menawarkan sejumlah manfaat yang dapat membantu menjaga keuangan pribadi Anda tetap berada di tempat yang diinginkan.

Meskipun demikian, tidak semua kartu kredit sama dan beberapa di antaranya memiliki tujuan yang berbeda.

Mari kita lihat berbagai jenis kartu kredit sehingga Anda dapat membuat keputusan yang tepat tentang jenis yang terbaik untuk Anda.

Kartu Kredit Tanpa Jaminan

Ini adalah jenis kartu kredit yang paling umum. Anda tidak perlu menyetor uang tunai untuk digunakan sebagai jaminan untuk jenis kartu ini. Bila digunakan secara bertanggung jawab, jenis kartu ini dapat digunakan untuk membangun kredit. Uang kembali dan kartu hadiah perjalanan keduanya adalah jenis kartu kredit tanpa jaminan.

Kartu Kredit Aman

Ini bisa menjadi pilihan yang baik untuk orang-orang yang tidak memiliki riwayat kredit atau yang perlu meningkatkan kredit mereka. Anda biasanya harus menyetor deposit, yang besarnya biasanya sama dengan batas kredit Anda.

Baca Juga:  Apa Perbedaan Kartu Kredit Visa dan Master Card?

Kartu Kredit Hadiah Perjalanan

Jika Anda adalah orang yang terus-menerus bermimpi tentang pengaturan jet di seluruh dunia, maka kartu hadiah perjalanan mungkin merupakan kartu kredit hadiah terbaik untuk Anda. Terkadang kartu-kartu ini memiliki biaya tahunan, jadi itu adalah sesuatu yang ingin Anda perhatikan sebelum mendaftar. Kartu ini biasanya bekerja dengan menawarkan program yang memungkinkan Anda memperoleh poin atau mil yang kemudian dapat ditukarkan di hotel atau untuk penerbangan.

Kartu Kredit Transfer Saldo

Jika Anda sudah membawa hutang kartu kredit, itu dapat berdampak serius pada kesehatan keuangan Anda. Salah satu cara orang membantu menggali diri mereka sendiri dari berurusan dengan suku bunga tinggi pada hutang kartu kredit adalah dengan mengajukan kartu transfer saldo. Pada dasarnya, Anda dapat menggunakan kartu-kartu ini untuk mengkonsolidasikan hutang Anda dari satu perusahaan kartu kredit ke perusahaan kartu kredit yang berbeda. Biasanya, kartu ini menawarkan APR pengantar 0% ( tingkat persentase tahunan ) untuk jangka waktu tertentu untuk transfer saldo. Ini dapat membantu Anda mendapatkan ruang bernapas dari bunga dan membantu Anda mengatasi hutang.

Namun, ini hanya ide yang bagus, jika Anda bisa melunasi utang sebelum masa perkenalan berakhir. Jika tidak, utang Anda akan kembali terutang dengan tingkat bunga yang tinggi. Anda dapat mempelajari cara lain untuk mengkonsolidasikan utang kartu kredit .

Baca Juga:  Jenis Kartu Kredit: Mana Yang Tepat Untuk Anda?

Kartu Kredit Hadiah Cash Back

Jenis kartu ini memungkinkan Anda memperoleh poin saat menggunakan kartu kredit. Anda biasanya dapat menukarkan poin ini dengan uang kembali, kredit pernyataan, atau kartu hadiah. Jika Anda memiliki anggaran terbatas dan mencari kartu kredit, jenis opsi ini mungkin yang terbaik untuk Anda. Beberapa kartu memiliki kategori bonus di mana Anda bisa mendapatkan lebih banyak uang kembali, sementara yang lain mungkin menawarkan persentase tetap dari pembelian Anda.

Kartu Kredit Hadiah Gas

Apakah Anda mengemudi untuk bekerja atau bepergian jauh? Jika demikian, Anda mungkin mempertimbangkan untuk mendapatkan kartu hadiah gas. Kartu ini biasanya menawarkan hadiah untuk pembelian gas. Terkadang kartu-kartu ini memiliki batasan tentang berapa banyak poin yang bisa Anda peroleh. Mereka juga terkadang memiliki hadiah bonus yang bisa Anda peroleh selama waktu-waktu tertentu dalam setahun.

0% Kartu Kredit APR Intro

Dibandingkan dengan jenis hutang lainnya, suku bunga kartu kredit seringkali cukup tinggi. APR untuk kartu kredit biasanya berkisar antara 15% dan 23%.

Namun, beberapa kartu menawarkan tarif APR pengantar sebesar 0%. Ini dapat membantu konsumen yang ingin melakukan pembelian besar dan ingin memiliki waktu untuk melunasinya.

Dengan kartu-kartu ini, APR pada akhirnya akan kembali ke tingkat bunga yang normal dan tinggi. Anda pasti ingin membaca cetakan kecil dari setiap kartu kredit yang Anda daftarkan karena tidak selalu langsung dalam materi pemasaran tentang semua detailnya.

Baca Juga:  Keunggulan Kartu Kredit Syariah

Sama seperti kartu transfer saldo, ini hanya ide yang baik jika Anda berencana untuk membayar kembali hutang Anda sebelum periode perkenalan berakhir. Jika tidak, Anda hanya bisa menemukan diri Anda dalam hutang kartu kredit yang lebih melumpuhkan.

Kartu Kredit Pelajar

Mahasiswa biasanya tidak memiliki banyak sejarah kredit jika mereka memilikinya. Untuk membantu mereka membangun kredit mereka dari bawah ke atas, kartu kredit pelajar dapat menjadi alat yang berguna. Batas kredit biasanya cukup rendah meskipun kartu ini cukup mudah untuk memenuhi syarat. Kartu kredit pelajar biasanya memiliki tingkat bunga yang lebih tinggi dan terkadang merupakan kartu kredit yang aman.

Kartu Ritel

Terkadang pengecer besar mengeluarkan kartu sendiri, sementara di lain waktu mereka bermitra dengan bank besar. Ada kartu ritel loop terbuka dan loop tertutup. Kartu loop terbuka didukung oleh jaringan kartu kredit utama, sedangkan kartu loop tertutup hanya dapat digunakan di pengecer tempat mereka dikeluarkan.

Kartu loop tertutup bisa menjadi cara yang masuk akal untuk membangun kredit karena lebih mudah untuk memenuhi syarat. namun, mereka biasanya memiliki suku bunga tinggi dan batas kredit rendah, jadi penting untuk memperhatikan hal ini.