Apakah Anda pernah melihat kartu kredit atau laporan bank Anda dan bertanya-tanya apa arti semua istilah keuangan? Sulit untuk mengelola akun Anda jika Anda tidak tahu apa arti kata-kata itu dan bagaimana pengaruhnya terhadap Anda. Untuk merayakan Bulan Literasi Keuangan, kami membawakan Anda serangkaian istilah keuangan dan artinya. Hari ini kami berfokus pada persyaratan kartu kredit umum dan bagaimana mereka dapat mempengaruhi prospek keuangan Anda.

1. Biaya Tahunan

Biaya tahunan yang dikenakan bank untuk hak istimewa menggunakan kartu kredit mereka. Untuk membuatnya terdengar lebih eksklusif, mereka dapat menyebutnya sebagai biaya keanggotaan atau partisipasi. Biaya tahunan mulai dari $15 per tahun hingga lebih dari $300. Idealnya, Anda ingin menggunakan kartu yang tidak membebankan biaya tahunan.

2. Tingkat Persentase Tahunan atau APR

Pemberi pinjaman diwajibkan oleh hukum untuk mengungkapkan APR, yang merupakan tingkat bunga tahunan yang mencakup biaya dan biaya yang dibayarkan untuk memperoleh pinjaman. Tarif dihitung dengan mengambil tarif periodik dan mengalikannya dengan jumlah periode penagihan dalam setahun. Kartu kredit Anda mungkin memiliki APR terpisah yang terdaftar untuk transfer saldo, penarikan tunai, atau penawaran khusus lainnya. Jika penawaran tunduk pada tanggal kedaluwarsa, saldo yang relevan biasanya akan kembali ke APR default Anda.

3. Rata-rata Saldo Harian

Beginilah cara sebagian besar penerbit kartu kredit menghitung jatuh tempo pembayaran Anda. Saldo harian rata-rata ditentukan dengan menambahkan saldo setiap hari dan membagi total itu dengan jumlah hari dalam siklus penagihan. Saldo harian rata-rata kemudian dikalikan dengan tingkat periodik bulanan kartu, yang dihitung dengan membagi tingkat persentase tahunan dengan 12.

4. Transfer Saldo

Ini berarti memindahkan hutang kartu kredit yang belum dibayar dari satu kartu ke kartu lainnya. Penerbit kartu dapat menawarkan harga promosi ekstra rendah untuk mendorong transfer saldo. Jika Anda tergoda dengan tawaran seperti itu, pastikan Anda tahu persis kapan tarif perkenalan berakhir.

5. Batas Kredit

Ini adalah salah satu istilah kartu kredit yang paling penting untuk diketahui dan dipahami. Batas kredit Anda adalah jumlah maksimum yang boleh Anda pinjam dengan kartu. Ini juga bertanggung jawab untuk menghasilkan frasa yang umum digunakan “maksimal.”

6. Biaya Finansial

Biaya penggunaan kartu kredit, termasuk biaya bunga dan biaya lainnya. Mungkin ada biaya keuangan yang berbeda untuk penarikan tunai dan transfer saldo, jadi pastikan untuk membaca cetakan kecil dan tahu apa yang Anda hadapi.

7. Masa Tenggang

Masa tenggang adalah waktu bebas bunga yang diizinkan pemberi pinjaman antara tanggal transaksi dan tanggal penagihan untuk pemegang kartu yang tidak membawa saldo. Masa tenggang standar biasanya antara 20 dan 30 hari. Tidak semua kartu menawarkan kesopanan ini dan mereka yang membawa saldo di kartu kredit mereka tidak diberikan masa tenggang.

8. Biaya Keterlambatan

Jika Anda melewatkan tanggal pembayaran, Anda akan dikenakan biaya keterlambatan. Biaya keterlambatan dapat mencapai $30 hingga $35 per bulan. Anda dapat menghindari biaya keterlambatan dengan mengatur pembayaran otomatis pada kartu Anda untuk memastikan Anda membayar tepat waktu setiap bulan.

9. Pembayaran Minimal

Jumlah minimum yang harus Anda bayarkan agar akun tidak default. Biasanya jumlah ini sama dengan 2% dari saldo terutang. Untuk mengurangi hutang lebih cepat, bayar lebih dari pembayaran minimum setiap bulan (dan hindari menambahkan biaya baru).

10. Biaya Over-limit

Jika Anda melebihi batas kredit pada kartu (lihat #6), Anda akan dikenakan biaya. Biaya over-limit biasanya sekitar $35.

Memahami persyaratan kartu kredit penting ini dapat membantu Anda menggunakan kredit dengan bijak. Jika Anda memerlukan bantuan untuk mengelola utang kartu kredit Anda, konseling kredit gratis dapat membantu Anda kembali ke jalur semula.