Anda mungkin memiliki banyak pilihan dalam memilih kartu bank yang tepat. Salah satunya termasuk Kartu Kredit. Namun jika Anda tidak berhati-hati, Kartu Kredit Anda bisa rentan disalahgunakan jika Anda tidak berhati-hati. Ikuti tips keamanan Kartu Kredit kami dan cegah transaksi tidak sah pada kartu Anda.

1. Simpan Kartu Anda selalu

Meskipun tip keamanan Kartu Kredit ini tampaknya tidak perlu dipikirkan, beberapa orang cenderung mengabaikan aturan praktis sederhana ini. Jangan biarkan kartu itu lepas dari pandangan Anda, terutama jika harus digesek di tempat penjualan. Pastikan toko atau restoran atau pompa bensin menggesek kartu Anda di hadapan Anda.

2. Ubah PIN Anda Secara Teratur

PIN menambahkan lapisan keamanan untuk transaksi Anda. Pastikan PIN Anda tidak terlalu mudah ditebak oleh orang yang mengenal Anda.

Selalu ganti PIN minimal 6 bulan sekali untuk memastikan Kartu Kredit Anda tidak mudah disalahgunakan.

3. Jangan Bagikan PIN Anda kepada Siapa Pun

Jangan pernah membagikan PIN atau OTP Kartu Kredit Anda kepada siapa pun bahkan jika itu adalah orang yang mengaku sebagai perwakilan bank.

Anda juga harus menghindari menuliskan PIN kartu Anda dan menyimpannya dengan kartu Anda di dompet atau tas Anda. Hindari juga menyimpan detail PIN Anda di ponsel Anda karena penyalahgunaan atau pencurian ponsel Anda akan membahayakan Kartu Kredit Anda.

Baca Juga:  Apa Perbedaan Kartu Kredit Visa dan Master Card?

4. Periksa Peringatan dan Pernyataan Kartu Kredit Bulanan Anda Dengan Hati-Hati

Periksa semua peringatan SMS yang Anda terima dari bank Anda tentang transaksi Kartu Kredit. Pastikan Anda mengotorisasi pembayaran tersebut. Selain peringatan, Anda juga harus memeriksa laporan mutasi bank Anda sepenuhnya. Ini akan memastikan Anda tidak melewatkan transaksi mencurigakan yang mungkin luput dari perhatian Anda sebelumnya.

5. Hindari Menggunakan Kartu Anda di Situs Web Atau Aplikasi yang Mencurigakan

Salah satu tip keamanan Kartu Kredit yang paling penting adalah membaca ulasan situs web atau aplikasi sebelum melakukan pembelian.

6. Jangan klik Tautan yang Mencurigakan

Email atau pesan yang berisi tautan yang mengaku dari bank penerbit Kartu Kredit Anda bisa jadi merupakan penipuan atau serangan phishing. Bank tidak akan pernah meminta PIN Anda atau detail lainnya melalui telepon, email, atau SMS.

Periksa alamat email pengirim, logo dan footer dengan hati-hati dan laporkan ke bank Anda jika menurut Anda mencurigakan.

7. Segera Perbarui Bank Anda Jika Kartu Anda Dicuri atau Hilang

Jika Anda salah meletakkan Kartu Kredit Anda atau melihat ada transaksi yang belum Anda lakukan, segera beri tahu bank Anda.

Anda dapat menghubungi bank Anda melalui ATM, di cabang, melalui telepon atau perbankan online. Bank akan memblokir kartu Anda dan mencegah transaksi penipuan. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa klik di sini.

Baca Juga:  Jenis-Jenis Kartu Kredit Yang Perlu anda Ketahui

HDFC Bank menawarkan kewajiban nol pada kartu kreditnya setelah Anda melaporkan kerugiannya. Selain itu, kartu kredit Bank HDFC dilengkapi dengan Chip EMV untuk meningkatkan keamanan.

Dengan adanya fitur keamanan seperti itu, tentunya Anda akan terlindungi dengan baik untuk menggunakan kartu Anda.