10 Makanan Khas Bandung yang Populer & Wajib Dicoba

10 Makanan Khas Bandung yang Populer & Wajib Dicoba

Bandung, ibu kota Provinsi Jawa Barat, tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga dengan kelezatan kuliner khasnya.

Kota ini dikenal sebagai surganya para pecinta kuliner, dengan beragam hidangan lezat yang siap memanjakan lidah Anda.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai Makanan Tradisional Bandung yang populer dan wajib dicoba saat Anda berkunjung ke kota ini.

1. Mie Kocok

Mie Kocok adalah salah satu hidangan khas Bandung yang terkenal. Mie yang direbus dan dicampur dengan irisan daging sapi, taoge, dan pangsit disajikan dengan kuah kental yang gurih dan beraroma.

Ditambah dengan tambahan bawang goreng, seledri, dan sambal, Mie Kocok menjadi hidangan yang lezat dan memuaskan selera.

2. Batagor

Batagor, singkatan dari Bakso Tahu Goreng, adalah camilan favorit di Bandung. Terdiri dari bakso ikan yang dibalut dengan kulit tahu dan digoreng hingga cokelat keemasan, batagor biasanya disajikan dengan kuah kacang dan saus cabai.

Rasanya yang gurih dan tekstur yang renyah membuat batagor menjadi camilan yang sangat disukai oleh banyak orang.

3. Soto Bandung

Soto Bandung adalah varian soto yang berasal dari kota ini. Dibuat dengan kaldu sapi yang kaya rasa, daging sapi empuk yang diiris tipis, tauge, dan bawang goreng, soto Bandung memiliki cita rasa yang lezat dan segar.

Baca Juga:  Makanan Khas Malang, Eksplorasi Kuliner Legendaris di Kota Apel

Hidangan ini biasanya disajikan dengan nasi, emping, dan kerupuk, serta tambahan sambal untuk memberi rasa pedas yang ekstra.

4. Surabi

Surabi adalah salah satu makanan ringan tradisional yang populer di Bandung. Terbuat dari adonan berbahan dasar tepung beras dan santan yang dipanggang atau digoreng, surabi memiliki tekstur yang lembut di bagian dalam dan renyah di bagian luar.

Biasanya disajikan dengan kuah gula merah atau taburan kelapa parut, surabi menjadi camilan yang lezat dan mengenyangkan.

5. Bandrek

Bandrek adalah minuman tradisional khas Sunda yang seringkali dianggap sebagai minuman hangat penyejuk tubuh.

Terbuat dari campuran jahe, gula merah, santan, dan rempah-rempah lainnya, bandrek memiliki rasa yang hangat, manis, dan sedikit pedas. Minuman ini cocok dinikmati pada malam hari atau saat cuaca dingin untuk merasakan sensasi hangat yang menyenangkan.

6. Bubur Manado

Bubur Manado adalah hidangan sarapan yang populer di Bandung. Terbuat dari bubur putih yang disajikan dengan berbagai lauk-pauk seperti ayam suwir, telur, kacang kedelai, daun bawang, dan bawang goreng, bubur Manado memiliki cita rasa yang lezat dan gurih.

Biasanya disajikan dengan tambahan sambal dabu-dabu untuk memberi rasa pedas yang menyegarkan.

7. Nasi Timbel

Nasi timbel adalah hidangan tradisional Sunda yang juga populer di Bandung. Nasi timbel terbuat dari nasi yang dibungkus daun pisang dan disajikan dengan berbagai lauk pauk seperti ayam goreng, ikan bakar, tempe, tahu, sayuran, serta sambal dan lalapan. Nasi timbel memiliki aroma khas daun pisang yang menambah cita rasa khasnya.

Baca Juga:  Makanan Khas Malang, Eksplorasi Kuliner Legendaris di Kota Apel

8. Colenak

Colenak adalah camilan manis yang terbuat dari singkong yang dipanggang dan disajikan dengan saus gula merah kental.

Singkong yang dipanggang memberikan tekstur yang lembut dan manis, sedangkan saus gula merah memberikan rasa manis yang gurih. Colenak sering dijual di pinggir jalan atau di pasar tradisional di Bandung.

9. Brownies Amanda

Brownies Amanda adalah salah satu kue khas Bandung yang terkenal. Brownies ini terbuat dari campuran cokelat, mentega, tepung terigu, telur, dan gula, yang kemudian dipanggang hingga matang.

Brownies Amanda memiliki tekstur yang lembut dan moist, serta rasa cokelat yang kaya dan lezat. Kue ini sering dijadikan oleh-oleh khas Bandung yang disukai oleh banyak orang.

10. Pisang Molen

Pisang molen adalah camilan yang terbuat dari pisang yang dibungkus dengan kulit lumpia yang tipis, kemudian digoreng hingga renyah dan keemasan.

Pisang molen sering diisi dengan selai pisang atau cokelat untuk memberikan rasa manis yang lebih. Camilan ini sangat populer di Bandung dan sering dijual di berbagai tempat seperti pasar tradisional, warung, atau toko kue.

Kesimpulan

Makanan khas Bandung merupakan bagian yang tak terpisahkan dari pesona kota ini. Dengan kelezatan dan keunikan masing-masing hidangan, kuliner Bandung mampu menggoda selera siapa pun yang mencicipinya.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati berbagai hidangan khas Bandung yang populer dan wajib dicoba saat Anda berkunjung ke kota ini. Selamat menikmati Oleh Oleh Bandung yang lezat dan memuaskan!

Baca Juga:  Makanan Khas Malang, Eksplorasi Kuliner Legendaris di Kota Apel